>>

Membuat Rangkaian Cisod DIY

Halo selamat datang kembali sobat raperiadisepti, post kali ini saya masih akan membahas seputar aquascape.Adanya berbagai jenis tanaman yang kita gunakan untuk dekorasi aquascape, kebutuhan nutrisi dan juga sistem penunjang lainnya mau tidak mau harus kita penuhi, Jika dialam mungkin semua kebutuhan untuk hidup tanaman sudah memang tersedia, tapi lain hal nya jika sudah ada dalam tank aquascape kita, salah satu kebutuhan tanaman yaitu gas CO2, yups karbon-dioksida. Co2 menjadi sangat penting ketika tanaman kita membutuhkannya untuk sistem fotosintesis,CO2 berperan sebagai salah tau bahan bahannya, jadi jika sudah dimasukkan dalam tank tanaman tersebut akan kesulitan untuk mendapatkan gas Co2 bukan, sehingga kita perlu menyediakannya.Mengingat tabung co2 pabrikan yang muahal, kita disini, sekali lagi hanya untuk scaper pemula ya, akan mencoba membuat generator co2 sendiri. Silahkan disimah bahan dan caranya:

BAHAN:
2buah botol minuman yang tahan tekanan (pengalaman saya pake botol sprite 1literan)
selang aerator secukupnya
diffuser (pemecah gelemung gas co2 agar sangat halus, bisa beli atau bisa pake airstone)
citrun 100gr
backing soda / soda kue 200gr (awas jangan salah belu nanti backing powder hee)
1buah sambungan selang lurus
1buah sambungan selang y
1buah keran bensin/kran infus


LANGKAH PEMBUATAN:
Prototype rangkaian lihat pada gambar dan Untuk memudahkan penjelasan mari kita asumsikan 2 botol tadi menjadi nama botol A dan B. dan akan ada 2 jalur selang yaitu selang 1 dan selang 2.

Langkah 1, pengerjaan rangkaian selang 1, hubungkan dari botol A ke botol B, setiap ujung selang dibotol A dan dibotol B harus mencapai dasar botol masing masing.
selang 1 yang masuk dibotol aja dopotong lalu disambung dengan sambungan keran lurus, selang 1 yang masuk pada botol b dipotong lalu disambung dengan sambungan selang y.

Langkah2, pengerjaan rangkaian selang 2, rangkaian selang 2 adalah selang dari botol b menuju ke diffuser/batu airator yang akan kita letakkan pada tank aquascape, ujung selang 2 yang masuk di botol b harus berada tinggi, (dikira kira aja jangan sampai menyentuh air nya), dan diselang2 inilah kita akan emberikan kran sebagai pengatur besar kecilnya gas co2 yang akan ditransmisikan ke tank aquascape, perhatikan untuk selalu engatur kran, sehingga akan didapat gelembung yang maksimal namun tetap efisien.(semakin besar keran terbuka maka semakin cepat reaksi soda kue dan citrun maka semakin boros.), Ujung selang lainnya yang menuju tank barulah kita sambung dengan diffuser.

Langkah Proses reaksi cisod:
setelah semua alat terakit dengan mengikuti langkah pembuatan diatas, maka sekarang waktunya untuk proses membuat cisodnya sampai ngebul di tank.
Langkah pertama yaitu masukkan 100gr citrun dengan 150ml air (ga perlu air panas, cukup air biasa) didalam botol A, lalu kocok hingga rata terlarut.
Langkah selanjutnya campurkan 100gr backing soda / soda kue dengan 150ml air, (ini juga ga perlu air panas ya, cukup air biasa) ke dalam botol B, lalu kocok saja, hingga terlihat tercampur(karena memang soda kue ga akan bisa terlarut dengan air, jadi cukup dicampur saja).
Pastikan diffuser jangan dimasukkan kedalam air dahulu, jadi tetap diluar tank, kemudian pencet botol A sehingga citrun mengalir ke botol B, pencet lagi sampai botol mengeras dan tidak bisa dipencet, buka kran yan ada diselang B perlahan, cek diffuser bila dirasa sudah berisik (mengeluarkan gas) baru masukkan diffuser kedalam tank.Jika sudah pada tahap ini berarti sudah selesai, selanjutnya jika tidak ada yang bocor (selang & sambungannya) reaksi akan terjadi secara otomatis, anda hanya tinggal mengatur kran saja.

PERHATIAN!!
* karena tekanan reaksi cisod ini lumayan tinggi, maka jangan lupa untuk menggunakan botol yang mampu  untuk tekanan tinggi, penggunaan botol minuman soda dirasa baik untuk itu.
* Jika sudah abis, dan gelembung sudah tidak keluar, dan anda belum berfikir untuk engisi ulang (libur dulu tidak menyuplai co2 ke tank selama beberapa hari), silahkan keluarkan diffuser dari dalam air tank, karena diffuser yang tidak lagi mengeluarkan gas, akan kemasukan air dari pori porinya, dan ini akan membuat kita repot jika kita akan menggunakannya kembali (harus keluarin airnya dulu yang masuk ke diffuser)

#cisod_diy
#cisod_aquascape
#raperiadisepti_cisod
DONASI SAWER TRAKTIR Terimakasih Atas Dukungan serta Keiklasan Anda
Newer Posts Newer Posts Older Posts Older Posts

Baca Juga

1 comment