>>

Clone system windows

Halo sobat blog raperiadisepti, selamat datang kembali, post kali ini saya hanya akan membagikan dari pengalaman saya saja, masalah awal saya mau bersihin komputer sampe tuntas, cabut semua part dan kabel, dan ternyata malah mau ganti ssd sekalian, nah dimana ssd yang mau diganti ini rupanya ada file sistem windowsnya, saya pakai win11, dengan licency online jadi sudah konek ke account microsoft.


Mengganti ssd yang dimana terdapat sistem window untuk komputer kita itu bukan hal yang rumit dan ribet, karena kita ndak perlu lagi instal ulang windows dan semua aplikasi aplikasi seperti yang terdapat pada ssd lama kita secara satu per satu ya, nah ada salah satu cara yang sangat membantu kita untuk masalah itu yaitu dengan meng-clone ssd lama kita ke ssd baru yang akan kita pasang, dengan begini kita gak perlu lagi ribet2 instal ulang semua nya lah dari awal.

Baik langsung saja ya cara clone ssd lama ke yang baru dalam kasus ini saya menggunakan aplikasi Macrium Reflect. Aplikasi ini sudah sangat bisa membantu kita dalam urusan membuat file backup, dan juga clone meng clone hardisk ataupun ssd kita. Berikut caranya:

1. Download dulu software Macromiumnya disini
2. Instal software macromiumnya seperti instal aplikasi sebagai mana mestinya ikuti aja langkah instalnya mudah kok.
3. Setelah terinstal buka software macromiumnya, maka akan tampil seperti gambah dibawah ini.


masih lanjutan dari langkah 3 diatas lihat gambar, anda lalu bisa lihat pada tab create a backup, maka semua hardisk dan juga ssd yang sudah terinstal akan tampil disana, sekarang anda pilih HDD atau SSD mana yang akan anda clone lalu klik kiri, maka dibawah keterangan SSD yang sudah dipilih akan tampil Clone This Disk, bisa anda langsung klik. setelah itu akan tampil seperti gambar dibawah ini:

anda bisa langsung klik select a disk to clone to.., yang akan membuka jendela daftar HDD/SSD yang tersedia, nah sekarang tinggal tentukan mana ssd baru yang akan menjadi tempat cloningannya.

4.Jika sudah sampai disini akan sudah siap untuk mengclone ssd lama ke yang baru, tinggal klik finish, untuk selanjutnya yang muncul mungkin hanya konfirmasi mengenai apakah anda mau memformat dahulu ssd yang baru dan ya hanya konfirmasi prosedural biasa agan bisa ikuti saja, nah untuk lama waktu yang dibutuhkan untuk mengclone HDD atau SSD agan ini cukup bervariatif itu akan tergantung dari seberapa besar size HDD atau SSD lama milik agan.

5. YUPS setelah semua beres maka HDD atau SSD baru agan sudah siap untuk booting, agan bisa langsung cuba deh sekarang dengan booting menggunakan SSD baru, bila perlu copot / format deh SSD yang lama agan, buang atau bisa sini kirim donasikan ke ane wkwkwk..

ya karena postingan ini gak ada sponsor jadi agan bisa sebarkan dan atau bagi ke yang membutuhkan secara bebas ya. Kalau ada pertanyaan seputar postingan ini agan juga bisa chat di komen, atau bisa menghubungi kontak yang sudah disediakan.
Sekian dulu semoga bermanfaat, bye bye.



DONASI SAWER TRAKTIR Terimakasih Atas Dukungan serta Keiklasan Anda
Newer Posts Newer Posts Older Posts Older Posts

Baca Juga

1 comment