>>

Tentang FootPrinting


Selamat datang pegunjung sekalian post kali ini saya akan sedikit menyinggung seputar flootprinting dan bagiannya.Seperti biasa tugas amanat mandat dari dosen of the killer mencari seputar tentang apa itu flootprinting dan langsung saja dimulai "pencerahannya"

Footprinting atau intelijen awal hacking merupakan sebuah teknik paling awal yang harus dilakukan oleh seorang hacker sebelum melakukan serangan. Dimana footprinting merupakan proses mengumpulkan data tentang sistem tertentu, biasanya footprinting digunakan dengan tujuan menemukan cara untuk menyusup ke sebuah web atau sistem, dengan cara memperoleh profile atau postur keamanan yang lengkap tentang sebuah sistem yang akan menjadi sasaran. Footprinting dapat mengungkap kerentanan sebuah sistem dan meningkatkan kemudahan untuk menyusup. Namun footprinting juga dapat melindungi sebuah sistem, sebab lubang dari suatu sistem dapat dilihat pada saat proses footprinting.
Foot printing sebenarnya dibagi menjadi dua bagian yaitu:

1. Passive Footprinting
Passive footprinting adalah proses mengumpulkan data atau menggali informasi terhadap sebuah sistem, namun dalam proses ini tidak melibatkan korban atau sistem secara langsung, atau dengan kata lain metode passive footprinting dimana penyerang tidak pernah membuat kontak dengan target. Misalnya dengan mengetahui informasi informasi yang berkaitan dengan perusahaan atau sistem, baik itu informasi karyawan, email, lokasi host dan ISP yang digunakan serta data yang berkaitan dengan perusahaan. Informasi IP addres perusahaan dan informasi domain name perusahaan.
2. Active Footprinting
Active footprinting merupakan proses mengumpulkan informasi target dengan melibatkan interaksi secara langsung. Misalnya dengan melakukan Banner Grabbing dimana sang penyerang mulai dengan proses membuka koneksi dan membaca respons yang dikirim oleh aplikasi. Atau e-main bounding, DNS Zone transfer dan lainnya.

ok,mungkin baru sekian yang saya bisa bahas seputar flootprinting dan semoga artikel post ini bisa bermanfaatbagi pengunjung sekalian ,dan jangan lupa untuk mengunjungi blog raperiadisepti ini ya dilain waktu,terakhir kata "terimakasih" tersampaikan admin
DONASI SAWER TRAKTIR Terimakasih Atas Dukungan serta Keiklasan Anda
Newer Posts Newer Posts Older Posts Older Posts

Baca Juga

2 comments