>>

Pengertian Network Interface Card (NIC)


Halo agan pada post kali ini ane mau kasi informasi seputar NIC, itu tuh komponen harware dari komputer yang bertugas dalam mengatur lalu lintas transfer data antar komputer.
Untuk lebih jelasnya simak ya.

Network Interface Card (NIC), juga disebut sebagai Network Adapter digunakan untuk menghubungkan computer ke kabel yang digunakan pada local area network (LAN). NIC mempunyai satu atau lebih
port eksternal yang digunakan untuk menempatkan kabel networknya.

Fungsi utama dari NIC adalah mengijinkan komputer untuk berkomunikasi dalam network. Ia melakukan hal ini dengan mengirim/menerima dan mengontrol traffic dengan komputer atau peralatan lain yang ada pada network. Saat mengirim, NIC mengkonvert data dari pararel ke serial, mengencode dan mengompresinya dan kemudian menempatkannya pada kawat dalam bentuk sinyal listrik atau optik. Proses ini terjadi sebaliknya pada saat menerima. NIC mentranslate sinyal listrik yang diterimanya menjadi bit-bit yang bisa dibaca oleh komputer.


Setiap NIC mempunyai identifikasi unik yang disebut MAC Address yang telah dihard-coded pada cardnya. Sebagai tambahan, setiap NIC harus
mempunyai network adapter driver yang mengijinkan ia untuk berkomunikasi dengan network protokolnya. Sebuah NIC spesifik untuk arsitektur LAN tertentu . NIC beroperasi pada Physical layer, layer yang paling bawah dari model OSI.
sebuah NIC dihubungkan ke Komputer,melalui sebuah bus. Sebuah bus adalah satu seri baris-baris printed circuit yang membentuk
jalur bersama dimana beberapa bagian komputer bisa
berkomunikasi. Dengan kata lain, bus adalah rangkaian atau jalur
listrik dimana data ditransmisikan. Informasi ditransfer antara NIC dan CPU Ada tiga cara utama bagaimana pertukaran informasi antara NIC dan CPU:

1. DMA Transfer. Direct Memory Acces controller mentransfer data
secara langsung dari NIC ke lokasi memory yang disediakan pada
komputer.

2. Shared System Memory. Shared memory bisa dialokasikan pada card
atau pada system. Jika shared memory berada pada card, ia dimap ke
RAM melalui base memory address dan processor merawatnya seperti
lokasi memory yang lain. Jika shared memory berada pada system,
processor khusus pada NIC digunakan untuk memindahkan data ke dan
dari suatu lokasi memory.

3. Bus Mastering. NIC akan membypass CPU, mengambil control ke bus
sistem dan meload data secara langsung ke sistem memory tanpa interrup ke CPU. Metode ini tersedia hanya pada sistem bus tertentu yang mensupportnya (misalnya PCI).
Tiap-tiap dari metode ini dapat meningkatkan performansi dari operasi
network melalui basic I/O.

Gimana gan penjabaran tadi sudah cukup membantu?
ya semoga aja post kali ini bisa membantu agan yang lagi ingin tahu atau cari referensi mengenai fungsi dan pengertian network interface card, dan jangan lupa untuk kembali berkunjung pada raperiadiseptiblog untuk mendapatkan post terbaru lainnya yang tentunya akan lebih menarik dan berwawasan. terimakasih telah berkunjung.
DONASI SAWER TRAKTIR Terimakasih Atas Dukungan serta Keiklasan Anda
Newer Posts Newer Posts Older Posts Older Posts

Baca Juga

Comments

Post a Comment