>>

sel batang untuk regenerasi telah ditemukan!

Beberapa cacing yang menghuni danau dan sungai mampu regenerasi hampir tak terbatas, dan para ilmuwan telah mengisolasi sel yang memungkinkan mereka untuk melakukan prestasi menantang maut mereka.
Kemampuan cacing pipih planarian untuk menumbuhkan kembali kepala yang terputus dan bagian tubuh lainnya telah diketahui selama lebih dari satu abad, tetapi teknik-teknik baru telah memungkinkan tim peneliti untuk mengetahui bagaimana mereka melakukannya.
Dari satu set blok yang dikenal sebagai sel induk dewasa, seluruh bagian sel cacing dapat dibangun kembali.

"Temuan kami pada dasarnya mengatakan bahwa ini bukan lagi sebuah abstraksi, bahwa memang ada entitas seluler yang dapat memulihkan kapasitas regeneratif untuk hewan yang telah hilang dan bahwa entitas tersebut sekarang dapat "dimurnikan" secara hidup-hidup dan dipelajari secara rinci," kata Dr Alejandro Sanchez. Alvarado di Stower Institute for Medical Research, yang memimpin penelitian.
Sementara cacing jauh dari manusia di pohon kehidupan, para ilmuwan di belakang penelitian percaya bahwa mereka mungkin memiliki banyak hal untuk mengajari kita tentang sel induk dan pengobatan regeneratif.
"Fakta bahwa penanda yang kami temukan diungkapkan tidak hanya di planarian tetapi juga pada manusia menunjukkan bahwa ada beberapa mekanisme yang dilestarikan yang dapat kami manfaatkan," kata Dr Sanchez Alvarado.

Setiap organisme multisel, dari pohon sampai cacing pipih dan manusia, memulai kehidupan sebagai sel tunggal.
Pada tahap awal perkembangan, ketika sel ini membelah membentuk bola sel yang lebih besar, masing-masing sel ini "berpotensi majemuk" - yang berarti mereka memiliki potensi untuk menjadi sel di dalam tubuh.
Semakin lanjut embrio berkembang, semakin banyak sel-sel berpotensi majemuk ini digantikan oleh sel-sel dalam peran tetap, seperti kulit atau otot.
Sementara pada manusia tahap kehidupan kita di mana sel-sel kita memiliki potensi yang tak terbatas hanya bersifat pendek, dan telah lama berlalu saat kita mulai dilahirkan, cacing pipih tidak pernah kehilangan kemampuan ini. Planarian mempertahankan kelimpahan sel induk berpotensi majemuknya, atau neoblas, dan sel-sel inilah yang para ilmuwan pikir memegang kunci regenerasi.

Selama dua dekade terakhir, para ilmuwan telah memperbesar populasi sel misterius ini, tetapi telah terbukti sulit untuk mengisolasi sel-sel yang tepat yang memungkinkan pertumbuhan kembali tanpa batas. Salah satu fitur yang dianggap menandai sel-sel ini adalah protein yang disebut piwi-1, jadi rekan Dr Sanchez Alvarado Dr An Zeng menggunakan ini untuk memulai pencarian sel misterius mereka.
Dr Zeng mengidentifikasi kelompok dalam kelompok sel, secara bertahap menghilangkan yang tidak memiliki karakteristik yang ia cari, sampai ia menemukan kelompok yang sempurna.

Setelah mengembangkan metode menempel ke sebuah molekul yang disebut TSPAN-1 yang duduk di permukaan sel-sel ini, Dr Zeng memurnikan sel-sel individual yang dia pikir akan dapat meregenerasi seluruh cacing pipih.
Untuk menguji kemampuan penyembuhan sel-sel ini, para ilmuwan mentransplantasi yang tunggal menjadi cacing pipih yang telah diledakkan dengan dosis radiasi yang mematikan.
Luar biasa, sel yang ditransplantasikan menggantikan jaringan hewan yang rusak dan menyelamatkan nyawa mereka. Hasil ini dipublikasikan di jurnal Cell.

Meskipun teknik ini telah berhasil di laboratorium, proses yang terlibat sangat rumit dan kemungkinan akan beberapa waktu sebelum mereka menjadi banyak digunakan dalam praktek klinis.

disadur dari msn.com
thanks to raperiadisepti.com
DONASI SAWER TRAKTIR Terimakasih Atas Dukungan serta Keiklasan Anda
Newer Posts Newer Posts Older Posts Older Posts

Baca Juga

Comments

Post a Comment